Pemrograman Dasar C++ Perulangan serta penjelasan

Pemrograman Dasar Contoh Program Perulangan Pada C++ Serta Penjelasannya



  Perulangan adalah sebuah pernyataan logika yang berfungsi sebagai perulangan yang akan mengulang suatu pernyataan dan akan berhenti ketika suatu kondisi terpenuhi, kodisi tersebut berupa nilai yang berupa angka, huruf, atau bahkan false dan true , pengulangannya tergantung anda. 

    Penulisan untuk perulangan memiliki 3 Cara Yaitu menggunakan Sebagai Berikut:

1. Pernyataan For 
    For merupakan sebuah kode yang digunakan untuk perulangan. Dalam penulisannya harus memiliki variabel yang mana sudah diberi nilai atau nilai sudah ditentukan jumlah perulangannya. berikut contoh cara penulisan perulangan FOR 


  
#include <iostream>

using namespace std;

int main()

{
    int k,j;
    char nama [6][4][20];
    float nilai1[6], nilai2[6],hasil[6];
{
    for(k=0;k<=3;k++)
    {
        cout<< "masukan nama : ";
        cin >>nama;
        cout<< "masukan nilai midtest : ";
        cin >>nilai1;
        cout<< "masukan nilai ujian : ";
        cin >>nilai2;
    }
}



}
    Contoh diatas adalah pernyataan yang menandakan bahwa kode ter kode tersebut merupakan sebuah perulangan, yang mana dibuat untuk mengulang sebuah inputan dengan batas perulangannya 3 kali. int k=0 adalah sebuah deklarasi variabel bernama k dan nilainya adalah 0 (yang artinya variabel k dimulai dari 0), kemudian k<=3 maksudnya adalah perulangan akan berakhir ketika k<4 (k kurang dari 4) berarti tidak memenuhi maka akan berhenti.



2. Pernyataan While



    Perulangan While digunakan untuk mengeksekusi kode yang mana memiliki kondisi benar, Jika kondisi salah maka program tidak akan dijalankan alias berhenti. Kode Perulangan ini dapat digunakan untuk perulangan yang tak akan berhenti.

While memiliki pernyataan yang berguna untuk memproses suatu penyataan atau bahkan pernyataan beberapa kali. Bentuk pernyataannya adalah while akan dieksekusi selama ungkapan pada while bernilai benar atau truee( tidak sama dengan nol), pengujian while dilakukan sebelum bagian pernyataan, While disini akan tidak dieksekusi sama sekali jika pernyataan yang pertama salah atau false.

Berikut Contoh program dari while:


#include <iostream.h>

int main ()

{

            int punyacara = 1;

            while (punyacara<=2)  (kondisi)

            {

                        cout<<“Punyacara.com C++”<<endl;            (pernyataan)
                        punyacara++;

            }

            return 0;
}


   
   While akan berhenti ketika tidak sesuai penyataan. pernyataannya adalah jika punyacara tidak lebih dari sama sema dengan 2 maka perulangan akan berhenti dan yang tampil adalah punyacara.com.

3. Pernyataan Do.. While

    Digunakan untuk menjalankan suatu pernyataan lalu diuji apakah kondisi sudah bernilai benar atau salah, tetapi ketika bernilai salah maka pernyataan tidak dijalankan ketika benar maka pernyataan akan dieksekusi. Pada dasarnya perulangan do...while sama saja denganperulangan while perbedaannya hanya di suatu proses perulangan pada while , yang seleksinya hanya berada di while saja sementara do...while , seleksi while berada pada batas perulangan. jadi jika menggunakan do....while pernyataan akan dijalankan sekurang-kurangnya satu kali perulangan.

#include<stdio.h>


main() 

{	
	int punyacara;
	punyacara = 0;
	do
		{
			puts(“Tutorial Punyacara.com”);   (pernyataan)
			punyacara++;
		}
		
	while(punyacara < 7); (kondisi)

}


    Program tersebut akan menjalankan sekali dan kodisinya berada pada while(punyacara < 7); ketika kondisinya tidak terpenuhi lagi maka pernyataan akan berhenti.

Studi Kasus Menampilkan bintang yang akan membentuk... jika penasaran silahkan aja dicoba... selamat mencoba gan...

#include <iostream>

using namespace std;

int main()

{

        for (int m=0;m<3;m++)
        {for (int n=0;n<3;n++)
        cout << "* ";
        cout << endl;
        }

        {
            for (int n=0;n>3;n--)
                cout<< "* ";
            cout<< endl;
        }
}



  Kesimpulan yang bisa diambil adalah perulangan sangat membantu karena studi kasus akan lebih mudah jika menggunakan perulangan.

Baca Juga:



EmoticonEmoticon