Keindahan Objek Wisata Tana Toraja

Keindahan Objek Wisata Tana Toraja


     Kali ini punya cara akan mengulas tentang Objek Wisata Yang Ada Di Sulawesi Selatan tepatnya Di Tana Toraja. Destinasi ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, Mengapa demikian? Karena Tana Toraja memiliki budaya yang masih sangat kental sehingga membuat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri tertarik untuk mengunjungi objek wisata Di Tana Toraja ini. Memang jika masih baru mengunjungi Tana Toraja kesan mistisnya sangat terasa, tetapi dibalik itu semua pemandangan alam yang ada di Tana Toraja akan membuat anda terhipnotis dan terpana melihat keindahan alamnya sehingga anda ingin berlama-lama menikmatinya. Jika anda Bingung Untuk membeli tiketnya dimana kunjungi aja http://www.traveloista.co.id.

     Kabupaten Tana Toraja ialah sebuah kabupaten yang terletak di wilayah Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota Kabupaten ini adalah Makale. Sebelum pemekaran kabupaten ini memiliki keluasan wilayah 1990 km2 dan berpenduduk 248.607 orang pada tahun 2007. Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Dikutip dihalaman Wikipedia




     Masyarakat Tana Toraja banyak menggelar upacara-upacara adat yang didalamnya menyuguhkan tarian tarian dan atraksi yang sangat menarik, Rugi jika anda yang sangat mencintai seni melewatkan dan menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Selain itu banyak terdapat rumah adat yang sangat menarik untuk dilihat dan buat objek foto yang hanya ada di Tana Toraja.


Keindahan Di Tana Toraja

   Alam yang Kaya, Warisan budaya leluhur hingga kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan orang yang ada di Tana Toraja Hampir semua memiliki daya tarik. Dari kejauhan saja gunung-gunung yang penuh dengan persawahan sebagai pemandangan disekitarnya dan dihiasi dengan rumah rumah adat toraja menambah nuansa pemandangan .


1. Ke'te' Kesu' (Rumah Tongkonan)



    Ke'te' Kesu' Adalah objek wisata yang sudah populer sejak tahun 1979 yang terletak dikampung Bonoran yang berjarak 4 km dari kota rantepao, yang telah ditetapkan sebagai salah satu budaya yang perlu dilestarikan dan dilindungi. 

    Tongkonan sudah sangat lama dari leluhur puang ri kesu' yang difungsikan sebagai bermusyawarah, mengolah dan menetapkan, dan mengolah aturan-aturan adat yang berlaku di kehidupan bermasyarakat untu daerah Kesu' dan juga seluruh Tana Toraja.


2. Londa 



   Londa adalah tempat kuburan dinding berbatu dan patung-patung, Didalamnya terdapat tengkorak-tengkorak kepala manusia. Objek Wisata ini berada di desa Sadan Uai Kecamatan Sanggalangi' Dengan Jarak 7km dari kota Rantepao.

   Gua tersebut menyimpan banyak misteri, Gua tersebut adalah kuburan batu setiap sisinya berisikan tengkorak dan tulang para leluhur Suku Toraja yang desebut dengan Tau-Tau. Tau-Tau adalah pertanda bahwa telah banyak putra putra Toraja telah dimakamkan melalui upacara adat tertinggi di wilayah Tallulolo.

  Gua-gua alam ini penuh dengan panorama yang sangat menakjubkan, dan dapat dinikmati dengan petunjuk guide yang sudah terlatih dan profesional. Kuburan alam purba ini dilengkapi dengan "Benteng Pertahanan" Patabang Bunga yang bernama Tarangenge, yang berada tepat diatas punggung goa.

    Wisatawan yang ingin berkunjung wajib untuk meminta izin dengan membawa sirih pinang atau kembang dan para Wisatawan dilarang keras untuk memindahkan tulang-tulang, tengkorak maupun mayat yang ada didalam goa. 

3. Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Di Tana Toraja

    Disini anda dapat Berkeliling ke Lemo, Londa Dan Tampang Allo, dimana dikawasan tersebut anda dapat melihat pemakaman yang sangat unik dan terkenal bahkan sampai internasional.

Disamping itu apabila anda ingin melihat tempat tinggal atau rumah adat yang disebut dengan Rumah Tongkonan yang dihiasi dengan ukiran-ukiran yang berada tepat didinding rumah dan atapnya tebuat dari bambu. Kemudian Jika anda mengunjungi Kawasan Lemo anda dapat melihat kuburan yang diletakkan menggantung di dinding yang merupakan kuburan khusus bagi para bangsawan. Tidak Hanya itu, Kunjungan anda bisa dilanjutkan ke Batu Tumonga yang berada di lereng gunung Sasean yang berjarak sekitar 25 km dari Rantepao. Disini Anda Dapat menyaksikan pegunungan dan keindahan persawahan yang berbentik terasering dan banyak terdapat bebatuan.









4. Oleh-oleh dan kuliner Khas Dari Tana Toraja

     Bagi para Wisatawan Yang berkunjung Di Tana Toraja Rugi jika tidak mencari dan merasakan makanan khas toraja, Untuk kuliner Khas Toraja adalah Deppa Tori yang merupakan kue yang rasanya sangat gurih dan bentuknya yang sangat unik akan memanjakan lidah anda selama menikmati makanan ini, selain itu anda juga bisa menikmati Pa'piong yang terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan berbagai macam sayuran dan kemudian dibakar diatas api. selain itu terdapat juga makanan lainnya adalah Tollo Pammarasan sarta Kopi Toraja.


Jika Anda berkunjung ke Tana Toraja yang harus anda siapkan adalah jaga perilaku dan jangan sampai membuat masalah sekecil apapun dan yang sangat terpenting adalah jangan lupa membawa kamera karena jika tidak membawa atau bahkan lupa anda akan rugi dan menyesal karna tidak mengabadikan spot-spot yang bagus untuk diabadikan.

Baca Juga:



EmoticonEmoticon