Pengenalan Bahasa C++ Belajar C++

Pengenalan Bahasa C++



Bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970. Bahasa C pertama kali ditulis oleh Brian W. Kernighan dan Daniels M. Ricthie pada tahun 1972. Bahasa C, pada awalnya doperasikan diatas sistem operasi UNIX.
Bahasa C adalah merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tingkat tinggi dan tingkat tinggi yang biasa disebut Bahasa Tingkat Tinggi Dengan Perintah Assambly. Bahasa C Mempunyai Banyak kemampuan yang sering digunakan untuk membuat perangkat lunak, contohnya seperti dBASE, Word Star dan lain-lain.

Pada Tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup mengembangka beberapa bahasa C yang dinamakan "C with Classes",  Pada tahun 1963 diubah menjadi C++ penambahan dari C++ ini adalah Object Oriented Programming (OOP), yang bertujuan untuk membantu membuat dan mengelola program yang besar dan kompleks.

Pengenalan IDE Borland C++

IDE Singkatan Dari Integrated Development EnvironMent, yang merupakan Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program. IDE dari Borland C++ ini dapat digunakan Untuk:

  • Menulis Naskah Program.
  • Mengkompilasi Program ( Compile ).
  • Melakukan Pengujian Program ( Debugging ).
  • Mengaitkan Object dan Library ke Program ( Linking )
  • Menjalankan Program ( Running ).
Untuk mengaktifkan Aplikasi Borland C++ ver 5.02, kalian bisa menggunakan cara berikut:

  • pada windows , anda bisa membuatkan shortcut terlebih dahulu dari server, dengan cara:
  1. klik kanan -> klik new -> klik Shorcut
  2. ketikkan pada command line : \\BCS\BIN\how.exe, Klik tombol Next, kemudian ketik nama shortcut, misalkan punyacara C++, klik tombol Finish.
  3. Atau dapat juga klik tombol Browse untuk mencari alamat dan folder yang menyediakan aplikasi boeland C++.

Fitur-Fitur Pada C++


  • Portable, disebut portable karena memiliki banyak kompiler yang berjalan di berbagai pletform dan secara eksklusif menggunakan Standar Library C++ yang berjalan pada banyak platform dengan tidak adanya fungsi-fungsi pada library C++.
  • Mendukung Manifest dan Inferred Typing. Fitur Ini sudah ada sejak C++ pertama hingga C++ modern saat ini, C++ sangat Fleksibel dan juga menyediakan kesederhanaan dalam menulis program.
  • C++ menyediakan dan menawarkan dukungan luar biasa untuk pemrograman Prosedural, Generik, Berorientasi Object (OOP) dan masih banyak lagi yang memberikan kemudahan untuk programer C++.
  • Library yang Mendukung C++ adalah Standar Library C++ yang memiliki banyak sekali fungsi.

Fungsi-Fungsi Dari C++

  • Fungsi #include adalah berfungsi sebagai pengarah yang mengatakan kepada kompiler untuk meletakkan header file iostream.h, studio.h dan lain lain.
  • Fungsi Main adalah nama dari judul fungsi
  • Fungsi tanda () berfungsi untuk menambahkan argumen ( jika ingin ada argumen jika tidak ada tidak jadi masalah) fungsi yang akan dilewatkan ke dalam fungsi.
  • Fungsi tanda {} pada fungsi main untuk menyatakan awal dari eksekusi program yang diawali dengan kurung kurawal dan diakhiri dengan kurung kurawal.
  • Fungsi Cout berfungsi untuk menampilkan text pada layar monitor/ hasil output pada program. Cout merupakan sebuah objek didalam C++ yang digunakan untuk mengarahkan data kedalam standar output.
  • Fungsi Cin berfungsi untuk menyimpan suatu yang telah diinputkan dan disimpa kedaam suatu variabel dan ditampilkan menggunakan cout. cout dan cin saling berhubungan..
  • Fungsi tanda ; (titik koma) digunakan untuk mengakhiri sebuah penyataan. setiap baris harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Berikut contoh Program sederhana dari C++

  
#include 
#include 

int volume(int &l){
int t;
cout<<"masukan nilai t :";
cin>>t;
l =l*t;
return l;
}
int luas(int p, int l) {
int x;
x=p*l;
cout<<"tampilkan nilai luas :"<>p;
cout<<"masukan nilai l :";
cin>>l;
j=luas(p,l);
cout<<"volume balok adalah : "<

Menghitung Luas Alas, Luas Permukaan Dan Volume pada krucut menggunakan C++


  
#include 
#include 
#define phi 3.14

void main(){
float r_alas, r_selimut, t, volume_krucut, luas_alas, luas_selimut;

cout<<"maksukkan jari jari alas = ";
cin>>r_alas;
cout<<"maksukkan jari jari selimut = ";
cin>>r_selimut;
cout<<"masukkan tinggi kerucut = ";
cin>>t;

luas_alas=phi*r_alas*r_alas;
volume_krucut=luas_alas*t;
luas_selimut=phi*r_selimut*r_selimut/3;

cout<<"luas_alas adalah "<


Pemrograman Bahasa C++ Ini sangat penting karena dasar dari pemrograman anda bisa belajar dari sini karena bahasa Pemrograman mengajarkan Dasar Dari sebuah Alur Dari program.

Baca Juga:



EmoticonEmoticon