Tutorial Menyisipkan File di PHP

Tutorial Menyisipkan File di PHP


    Dalam management file dan direktori, PHP menyediakan lebih dari 70 fungsi. Beberapa fungsi utama yang berhubungan dengan management file (create, write, append, dan delete), antara lain : 
jika ingin melihat modulnya silahkan download disini gan 

membuka dan membuat file menggunakan source code:

fopen ($namafile, $mode);

Keterangan : 
$namafile merupakan nama file yang akan dibuat, sedangkan $mode merupakan mode akses file. Mode akses file yang bisa digunakan yaitu : 



1. Buat file


    buat file yang ekstensinya .txt agar dapat dipanggil di dalam php dan kemudian dapat dibuka yang jika filenya ada maka yang akan tampil file berhasil dibuka. jangan lupa file ditempatkan di satu folder dengan file phpnya. 
jika ingin melihat modulnya silahkan download disini gan 

2. Buat Source Code


     program diatas berfungsi untuk membuka file tetapi dan mengecek apakah file tersebut ada jika ada maka yang jalan adalah file berhasil dibuka.

3. Buat Source code untuk menulis kedalam file data.txt

     selain dapat dibuka php juga menyediakan tampilan untuk membuat kalimat atau kata langsung didalam source codenya berikut souce codenya dibawah ini: jika ingin melihat modulnya silahkan download disini gan 



Penjelasan Program

    Untuk menulis ke file, dapat menggunakan fungsi fwrite() dan fputs(). Variabel $handle merupakan mode pengaksesan file, dimana mode yang digunakan harus bisa menulis ke file. Contohnya mode w dan a. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fungsi file_puts_contents() dengan parameter berupa nama file dan isi yang akan ditambahkan. Jika program di atas dijalankan, maka isi file data.txt akan berisi seperti pada gambar berikut (buka dengan WordPad).


4. Buat Source Code Untuk Membuka File Yang Sudah Dibuat

     selain dapat dibuka dan membuat kalimat atau kata php juga menyediakan tampilan untuk membuka file yang telah dibuat berikut souce codenya dibawah ini:


Penjelasan Program

    Program di atas akan menampilkan keseluruhan isi file, dimana isi file akan dibaca tiap baris. Pembacaan dilakukan dari baris pertama sampai baris terakhir.


Source code untuk menampilkan perbaris



Penjelasan Program

    Program di atas akan menampilkan keseluruhan isi file, dimana isi file akan dibaca tiap baris. Pembacaan dilakukan selama pointer file belum sampai di end-of-file. Fungsi feof() pada baris ke-5 berfungsi untuk memeriksa pointer file sudah berada di akhir file atau belum.


jika ingin melihat modulnya silahkan download disini gan 

Kesimpulan

kesimpulannya adalah kita dapat membuka dan membuat didalam source codenya langsung file yang ekstensinya .txt 


EmoticonEmoticon