cara membuat fungsi di PHP

Tutorial membuat fungsi di PHP


fungsi di PHP sangat bermanfaat agar memudahkan para programer untung membuat suatu aplikasi yang powerful/ sempurna lah..

Fungsi (Function) dalam bahasa pemograman adalah kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Kita dapat membuat fungsi sendiri, atau menggunakan fungsi yang dibuat oleh programmer lain.

PHP bahkan menyediakan ribuan fungsi bawaan yang tersedia untuk membantu kita dalam merancang program. kita bisa menggunakan fungsi bawaan dari php atau membuat sendiri itu tergantung keperluan kita aja gan. 


Cara menggunakan fungsi di PHP

Menggunakan fungsi dalam teori pemograman sering juga disebut dengan memanggil fungsi. Fungsi dipanggil dengan menulis nama dari fungsi tersebut, dan diikuti dengan parameter (jika ada). Parameter ditulis di dalam tanda kurung, dan jika jumlah parameter lebih dari satu, maka diantaranya dipisahkan oleh karakter koma.

Setelah memproses nilai inputan, hampir semua fungsi akan memberikan nilai hasil pemrosesan tersebut. Cara fungsi memberikan nilainya ini sering disebut dengan mengembalikan nilai. Nilai yang dikembalikan oleh sebuah fungsi dapat ditampung ke dalam variabel, atau langsung ditampilkan ke web browser.

berikut script PHP yang membahas tentang fungsi:

<?php
function cetak_ganjil () {
for ($i=0; $i<100; $i++) {
if ($i%2 == 1) {
echo "$i ";
}
}
}
//pemanggilan fungsi
cetak_ganjil();
?>

program tersebut telah dibuat fungsi drngan nama fungsinya cetak_ganjil didalamnya terdapat for yang akan mengulang -ulang nilai dari 0-100. kemudian ifnya sudah diatur dengan pengambilan nilai yang ganjil.. cara memanggil fungsi adalah cetak_ganjil(); maka datanya akan terpanggil yang telah dideklarasikan sebelumnya..

ini gan hasil outpunya:



Cara membuat fungsi yang menyeleksi bilangan ganjil


berikut kita bahas tentang bagaimana cara menyeleksi bilangan ganjil diangka dari 10 sampai dengan 50.. ini gan scriptnya

<?php
function cetak_ganjil ($awal, $akhir) {
for ($i=$awal; $i<$akhir; $i++) {
if ($i%2 == 1) {
echo "$i ";
}
}
}
//pemanggilan fungsi
$a = 10;
$b = 50;
echo "<b>Bilangan ganjil dari $a sampai $b : </b><br>";
cetak_ganjil($a, $b);
?>

yang akan tampil adalah bilangan gandil dari 10 sampai dengan 50 kalau tidak percaya lihat hasil outpunya gan 


itu dia gan mulai pecaya kan.. nah itu juga menggunakan fungsi gan...

Cara menghitung luas lingkaan dengan rumus didalam fungsi


yang didalam fungsi tidak hnya kata kata atau perulangan gan.. semuanya bisa kita jadikan fungsi asal bermanfaat dan menguntungkan.... berikut scriptnya gan:

<?php
function luas_lingkaran ($jari) {
return 3.14 * $jari * $jari;
}
//pemanggilan fungsi
$r = 10;
echo "Luas lingkaran dengan jari-jari $r = ";
echo luas_lingkaran($r);
?>

hasilnya akan keliatan gan sama aja dengan mengitung manual tetapi dengan menggunakan ini kita bisa lebih mudah aja menghitungnya. berikut hasil outputnya:



ini gan kalau gk percaa dengan hasilnya silahkan aja hitung manual... :)


itu aja gan semoga ilmunya dapat ya dan semoga kita bisa bertemu lagi di bobontutorial... ketemu lagi ya di tutorial berikutnya..... :)


EmoticonEmoticon