Cara membuat array pada php

Cara membuat array pada php


hai gaes bonbonwebtutorial ingin mebagi ilmu nih tentang bagaimana membuat array pada php, didalam php juga ada arraynya gan berikut tutorial yang disediakan oleh bonbonwebtutorial.

PHP Array

php array adalah sebuah array yang menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel tunggal, variabel adalah tempat penyimpanan nomor atau teks.

contohnya sebagai berikut:

<?php
$arrBuah = array ("Mangga", "Apel", "Pisang", "Jeruk");
echo $arrBuah[0]; //Mangga
echo $arrBuah[3]; //Jeruk
$arrWarna = array();
$arrWarna[] = "Merah";
$arrWarna[] = "Biru";
$arrWarna[] = "Hijau";
$arrWarna[] = "Putih";
echo $arrWarna[0]; //Merah
echo $arrWarna[2]; //Hijau
?>

diatas terdapat $arrBuah = array ("Mangga", "Apel", "Pisang", "Jeruk"); ini adalah indexnya dimulai dari index0 adalah mangga, index1 adalah apel, index2 adalah pisang dan index yang terakhir adalah jeruk.

berikut hasilnya adalah..:

kenapa hasilnya sepert itu??? gini gan bonbonwebtutorial akan menjelaskan echo $arrBuah[0]; echo $arrBuah[3]; ini gan yang memanggil indexnya yaitu menggunakan echo yang dipanggil adalah index[0] dan index[3] sebelumnya sudah dijelaskan bahwa $arrBuah = array ("Mangga", "Apel", "Pisang", "Jeruk"); dari index 0-3. yang dipanggil index [0] maka yang muncul adalah mangga, kemudian pemanggilan yang kedua adalah index[3] maka yang muncul adalah jeruk.. dan merah dan hijau juga seperti itu cuman cara pendeklarasiannya berbeda.
                $arrWarna = array();
$arrWarna[] = "Merah";
$arrWarna[] = "Biru";
$arrWarna[] = "Hijau";
$arrWarna[] = "Putih";
sama saja seperti diatas tadi yaitu merah sebagai index[0] dan seterusnya sampai index[3] echo $arrWarna[0]; echo $arrWarna[2]; yang akan muncul adalah merah dan hijau.

Menampilkan array dengan menggunakan for dan foreach

sebelumnya belajar tentang array sederhana sekarang bonbonwebtutorial mengembangkan array dengan menggunakan for dan foreach berikut source codenya nih gan silahkan cermati dan amati ya gan.

<?php
$arrWarna = array ("Blue","Black","Red","Yellow","Green");
echo "Menampilkan isi array dengan for : <br>";
for ($i=0; $i<count($arrWarna); $i++) {
echo "Do you like <font color=$arrWarna[$i]>". $arrWarna[$i]
."</font> ?<br>";
}
echo "<br>Menampilkan isi array dengan foreach : <br>";
foreach ($arrWarna as $warna) {
echo "Do you like <font color=$warna>". $warna ."</font> ? <br>";
}
?>

yang pertama deklarasikan arraynya gan kebetulan disini bonbonwebtutorial mengambil contoh dengan menggunakan warna yang akan diulang dengan menggunaka for.



sama aja for dengan foreach kalau menggunakan foreach lebih mudah pendeklarasiannya dari pada for biasa tetepi cara kerjanya sama aja untuk perulangan.


Menampilkan array dengan foreach dan while

menampilkan array bisa juga menggunakan while, berikut bonbonwebtutorial mempunyai caranya menggunakan perulangan while.

ini Source codenya gan:

<?php
$arrNilai = array ("Ani" => 80, "Otim" => 90, "Ana" => 75, "Budi" => 85);
echo "Menampilkan isi array dengan foreach : <br>";
foreach ($arrNilai as $nama => $nilai) {
echo "Nilai $nama = $nilai<br>";
}
reset ($arrNilai);
echo "<br>Menampilkan isi array dengan while dan list : <br>";
while (list ($nama, $nilai) = each($arrNilai)) {
echo "Nilai $nama = $nilai<br>";
}
?>
for foreach dan while sama saja berfungsi sebagai perulangan gan jdi jangan bingung gan mau pilih yang mana untuk perulangan data, sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kalian ya gan..

berikut hasil outpunya nih gan

nah iyakan gan for foreach dan while itu sama ko tergantung kita yang mudah yang mana dan sesuai keperluan kita masing masing ya gan



itu aja dulu gan tunggu ya postingan yang lainnya dari bonbonwebtutorial.... semoga bermanfaat gan.. dan semoga tambah ilmunya ya




EmoticonEmoticon