cara menginstal driver menggunakan cd

DEFINISI

perangkat lunak yang membantu sistem mengenali hardware yang laptop atau komputer gunakan, sehingga segala perintah yang pengguna instruksikan kepada hardware   melalui sistem operasi, dapat berjalan seperti yang pengguna inginkan.

FUNGSI

  sebagai penerjemah dari segala instruksi yang pengguna lakukan lewat perantara sistem operasi, kemudian segala instruksi yang pengguna berikan itu akan diterjemahkan kedalam bahasa yang dimengerti oleh hardware sehingga segala insturksi yang pengguna berikan dapat dilakasanakan dengan baik.

MACAM-MACAM


1. VGA
2. LAN
3. Wifi
4. Chipset
5.Audio
6.Touchpad [pada laptop] 
7. Bluetooth [ tertentu]


CARA MENDAPATKAN


1. Menggunakan CD

    Menggunakan driver yang berasal dari CD driver bawaan adalah cara paling, cepat, tepat dan aman untuk mendapatkan driver yang kompatibel.
Berbeda dengan laptop, komputer desktop rakitan agak sedikit lebih ribet ketika menginstall driver. Jika komputer rakitan yang digunakan memiliki banyak hardware tambahan seperti vga card addons, kartu jaringan wifi, bluetooth, dll, maka harus menginstall driver untuk hardware tambahan tersebut secara terpisah


2. Mendownload dari situs resmi

   Perusahaan produsen perangkat keras komputer selalu dan wajib memiliki halaman khusus untuk medapatkan driver untuk produk-produk mereka.Ketika microsoft mengeluarkan sistem operasi terbaru, maka merekapun berkewajiban merilis driver yang kompatibel dengan sistem operasi terbaru untuk perangkat yang memang mendukung.

3. Menggunakan Tool Pendeteksi Driver

   Cara ketiga ini adalah dengan memanfaatkan program pintar yang berfungsi mendeteksi driver secara otomatis dan dapat digunakan untuk sebagian besar hardware komputer yang ada saat ini. Program pendeteksi driver komputer terbaik saat ini adalah Driver Pack Solution atau yang biasa disingkat DRP. Program ini memiliki database driver yang sangat lengkap, serta dapat berjalan hampir disemua seri sistem operasi windows. Program pendeteksi driver seperti driver pack solution sudah terjamin keamanannya karena telah mendapat sertifikasi dari produsen antivirus terbaik saat ini Kaspersky Lab.

CARA INSTAL
* Pada dasarnya hampir sama dengan proses instalasi software-software yang biasa kita instal
* Untuk melihat Driver yang sudah terinstal dan belum bisa dicek di Device Manager (klik kanan My Computer - Manage)



EmoticonEmoticon